Cara merawat mobil yang lama tidak digunakan

Tanggal Terbit : 14-08-2020, Penulis : HASCAR Internasional Motor
Mobil yang lama tidak digunakan membutuhkan perhatian ekstra agar mesinnya tetap dapat bekerja dengan sempurna. Bagi kamu yang selama masa pandemi ini hanya beraktivitas di rumah, tentu ingin mobil kesayanganmu tetap terpelihara.
Hindari potensi kerusakan dengan melakukan maintenance mandiri. Ini dia cara merawat kendaraan lama tidak dipakai yang kamu perlu ketahui.

Bersihkan Mobil
Jangan sampai mobilmu menjadi tempat berkumpulnya kotoran, jamur, hingga debu. Bersihkan eksterior secara menyeluruh dan semprotkan spray anti karat. Sementara untuk bagian interior khususnya jok, kamu bisa menggunakan penyedot debu.

Ganti Bahan Bakar dan Oli
Supaya tangki bensin tidak berkarat, isilah dengan bahan bakar beroktan tinggi. Ini sekaligus mencegah agar tidak terjadi kondensasi di malam hari yang berpotensi membuat mobil tidak bisa distarter. Pastikan juga olinya baru dan terisi penuh supaya mesin mobilmu tetap awet.

Pompa Ban Mobil
Tentu sangat menyebalkan ketika menemukan ban mobilmu kempes setelah beberapa waktu terparkir. Untuk mengantisipasi ini, triknya adalah dengan memompa ban hingga maksimal sebelum kamu menyimpan mobil. Selain itu, gunakan alat penyangga sejenis dongkrak agar bagian dalam ban tetap terjaga.

Panaskan Mobil
Meskipun kamu mulai jarang berkendara, ingatlah untuk rutin memanaskan mobil setiap hari. Berapa lama memanaskan mobil sebenarnya relatif tergantung tipe mesinnya. Namun setidaknya, lakukan minimal 4 sampai 5 menit.

Lepas Aki
Saran terbaik berikutnya adalah dengan melepas aki agar tidak kehilangan dayanya. Mulailah dengan melepas kutub negatif lalu lanjut ke kutub positifnya. Simpan aki di tempat yang kering dengan temperatur sejuk supaya nantinya tetap dapat kamu gunakan kembali.

Beri Ganjalan Wiper
Karet wiper mengeras tentu menjadi satu hal yang tidak ingin kamu temui ketika kembali menggunakan kendaraan kesayangan. Jika mobil lama mati, gunakan busa untuk mengganjal wiper kamu ya. Cara ini sangat murah, mudah dilakukan, dan efektif.
Idealnya, sekalipun jarang dipakai kamu tetap perlu membawa mobil kamu ke tempat servis sesuai jadwal. Namun kalau itu belum memungkinkan, lakukan trik simpel di atas.

Semoga cara merawat kendaraan lama tidak dipakai ini bermanfaat untuk kamu!
 

HASCAR Internasional Motor

Berita Terbaru

Jeep Gladiator dan Asal Usulnya
Ketika berbicara tentang sejarah Jeep, beberapa tidak menyadari bagaimana kendaraan...
Cara Membaca Kode Ban
Ban mobil menjadi komponen yang sangat vital karena menyangkut keselamatan...
Air Radiator Lebih Sesuai Diisi dengan Air Apa?
Banyak pilihan untuk mengisi radiator, mulai dari air pam, air...
Menggoyangkan mobil saat mengisi bensin? Apakah berguna?
Salah satu mitos yang cukup populer di masyarakat adalah goyangin...

Menu Cepat