Cara Membaca Kode Ban

Tanggal Terbit : 15-09-2020, Penulis : HASCAR Internasional Motor
Ban mobil menjadi komponen yang sangat vital karena menyangkut keselamatan berkendara. Untuk itu, penting sekali mengenali karakteristik ban yang kamu gunakan. Hal ini dapat dilakukan jika kamu paham cara baca kode ban mobil kamu.

Cara Membaca Kode Ban
Kode yang tercetak pada tubuh ban memberi begitu banyak informasi. Mulai dari ukuran ban, kecepatan maksimal, tahun pembuatan, hingga kemampuan menerima beban. Kamu bisa mempelajari contoh berikut untuk memahaminya.

Sebuah ban memiliki kode P195/55R16 100Q 0820.
P - huruf pertama di kode ban mobil berarti Passenger. Ini menandakan ban tersebut digunakan untuk mobil penumpang. Selain itu ada juga kode T (Temporary) yang artinya ban cadangan dan LT (Light Truck) untuk truk ringan.
195 - merupakan ukuran ketebalan ban dalam milimeter. Kamu harus tahu ini supaya ban bisa pas dengan velg. Semakin tebal sebuah ban, maka daya cengkeramnya pun akan semakin kuat.
55 - menandakan rasio perbandingan tinggi ban terhadap ketebalannya, yaitu 55% dari 195mm. Semakin besar rasionya, akan membuat pengendara semakin nyaman meskipun kemampuan belok jadi menurun.
R - berarti Radial, memberi informasi bahwa ban berbentuk melingkar. Selain itu, ada juga tipe konstruksi ban lainnya yaitu Diagonal (D) yang sering dijumpai pada truk.

Belum cukup rumit penjelasan kode ban mobil? Kamu masih harus tahu lanjutannya.
16 - menunjukkan panjang diameter ban dalam satuan inchi.
100 - adalah indeks kemampuan beban yang dapat ditahan oleh ban dan setara dengan 690 kg. Ada juga yang diberi simbol XL dan menunjukkan muatan ekstra.
Q - menunjukkan kecepatan maksimum yang aman untuk berkendara. Q di sini setara dengan 160 km/jam. Untuk kecepatan tertinggi ditandai dengan huruf Z.
0820 - menunjukkan minggu dan tahun ban tersebut dibuat. 0820 memiliki arti bahwa ban diproduksi pada minggu ke-8 di tahun 2020.

Mengingat kodenya cukup panjang, butuh latihan untuk mengartikannya dengan tepat. Namun ketika kamu memahaminya, kamu menjadi lebih tahu kapan harus mengganti ban mobil kamu. Kamu juga bisa memilih ban pengganti yang sesuai.

Semoga cara baca kode ban mobil ini menjawab rasa penasaranmu! Selamat berkendara dengan aman!
 

HASCAR Internasional Motor

Berita Terbaru

Jeep Gladiator dan Asal Usulnya
Ketika berbicara tentang sejarah Jeep, beberapa tidak menyadari bagaimana kendaraan...
Air Radiator Lebih Sesuai Diisi dengan Air Apa?
Banyak pilihan untuk mengisi radiator, mulai dari air pam, air...
Cara merawat mobil yang lama tidak digunakan
Mobil yang lama tidak digunakan membutuhkan perhatian ekstra agar mesinnya...
Menggoyangkan mobil saat mengisi bensin? Apakah berguna?
Salah satu mitos yang cukup populer di masyarakat adalah goyangin...

Menu Cepat